Monday, February 27, 2017

Penjelasan Lengkap Kematian Husnul Khatimah



Penjelasan Lengkap Kematian Husnul Khatimah - Kematian adalah sunnatullah sebagaimana kehidupan. Maka sudah seharusnya kematian yang datangnya tak pernah kita ketahui.

Senantiasa kita ingat dan renungkan agar kehidupan setelah mati kita tidak menjadi malapetaka siksa neraka karena kita tidak mempersiapkannya dengan baik. Mempersiapkan kematian adalah mempersiapkan kehidupan setelahnya, kehidupan abadi yaitu kehidupan akhirat karena kehidupan dunia adalah hanya tempat persinggahan.

Kematian yang setiap orang inginkan adalah kematian yang baik dan indah menurut Allah Swt yaitu husnul khotimah yang senantiasa kita mohonkan dalam shalat kita. Kematian yang baik dan indah tentunya adalah kematian yang dipersiapkan dengan baik dan indah pula.

Begitu banyak orang yang menginginkan akhir hidup yang baik tapi banyak diantara mereka melakukan maksiat. Maka insya Allah tidak akan mereka temui husnul khotimah itu, apalagi kehidupan setelahnya.

Jika kematian sudah dijanjikan Allah untuk kita maka terjadinya adalah pasti. Baik kepada kita maupun kepada orang lain termasuk keluarga terdekat. Ketika kita yang meninggal maka pengurusan jenazah kita menjadi urusan orang-orang yang masih hidup.

Namun jika kita dapati keluarga meninggal maka adalah kewajiban kita dalam kepengurusannya. Hukum mengurus jenazah adalah fardu kifayah artinya ketika ada sejumlah orang yang mengurus jenazah maka gugur kewajiban untuk sebagian lainnya. Dengan konsekuensi bahwa ada keutamaan bagi yang mengurusnya.

Namun jika tidak ada sama sekali yang mengurus jenazah maka hukumnya berdosa bagi semua yang masih hidup diantara mereka. Lalu bagaimana seharusnya kepengurusan kita terhadap jenazah apalagi yang masih kerabat kita?

Sebelum Wafat
Sebelum meninggal dunia sebagian orang ditakdirkan Allah mengalami sakit. Kewajiban kita yang masih hidup kepada orang yang sakit secara umum  adalah menjenguk dan mendoakannya.

Jika sakitnya kemudian menjadi tanda datangnya kematian dan datanglah sakaratul maut kepadanya, maka disunnahkan bagi kerabatnya atau orang yang terdekat mentalqinkannya.

Kumpulan catatan motivasi hidup dan yang bisa menginspirasi pembaca seperti cerita motivasi diri, kerja, cinta, islami sebagai gambaran dan contoh hidup agar bisa lebih semangat dan menyadari bahwa hidup itu Indah dan Tenang


EmoticonEmoticon