Thursday, April 20, 2017

Caper ikhlas dan rela

Caper dan ikhlas itu memiliki perbedaan yang tipis, yaitu niat. Ikhlas lillah sedangkan caper ntahlah.
sebenarnya kita tidak boleh bilang "dasar caper" yaaaaa walaupun tingkah nya itu condong kecaper, karena kita gak kan tau kenapa ia bertingkah seperti itu, ntah emang bawaannya seperti caper atau bukan dan kita juga tidak akan pernah tau seseorang itu melakukan sesuatu itu lillah atau karena ingin mendapatkan perhatian seseorang, mungkin sikapnya caper tapi niatnya lillah atau mungkin kita yang iri sehingga kita menganggap orang yang berbuat banyak dari pada kita itu caper atau orang yang mendapatkan perhatian lebih  itu caper, Yahhhh kita juga perlu instropeksi diri kan???
Ingat!!! Jangan sampe gara-gara sikap seseorang yang kita anggap buruk menjadikan kita buruk. Contoh... dia gak caper tapi kita anggap caper, nah anggapan itu lah yang namanya suuzhon dan suuzhon itu buruk dan kalo kita terus-terusan gitu maka kita akan buruk dengan satu sikap itu tadi, suuzhon.
Pahamkan???
Bagaimana dengan ikhlas?
Ikhlas itu penerimaan untuk melakukan DEMI Allah, tulus.
Misal berpuasa dengan ikhlas, shalatnya juga harus ikhlas, membantu orang tua dengan ikhlas, intinya semuanya karena Allah…
Dan ikhlas juga tak pernah terucap kan, " aku ikhlas diginiin "
" aku ikhlas dia dengan orang lain" bukann..
Tau surat Al-ikhlash? Pasti tau kan.. coba cari kata ikhlas didalamnya.. gak da kan?? Nah.. itu baru ikhlash
Bukan ikhlas kalo masih sakit sedih dan lain sebagainya, oke.
Bagaimana dengan rela?
Kalau rela itu penerimaan untuk yang tentang makhluk, selain dari demi Allah. Misalkan saat kehilangan sesuatu ya direlakan saja, bukan diikhlaskan Rela nunggu antrian BBM (bukan demi Allah kan? demi kepentingan dan kebutuhan sendiri), rela berkorban bukan ikhlas berkorban (berkorbannya kebanyakan demi selain Allah kan? demi makhluk kan? Demi bapak, demi ibu, demi adik, demi orang yang disayang, dll), rela menunggu bukan ikhlas menunggu (yang ditungguin orang kan?)
Gitu..pahamkan??

Moga bermanfaat ya kawan
Mohon dikoreksi kalo banyak salahnya.

By:  Syam's Robithoh Aini

Kumpulan catatan motivasi hidup dan yang bisa menginspirasi pembaca seperti cerita motivasi diri, kerja, cinta, islami sebagai gambaran dan contoh hidup agar bisa lebih semangat dan menyadari bahwa hidup itu Indah dan Tenang


EmoticonEmoticon